Selasa, 29 Mei 2018

SEJARAH KSATRIA TEMPLAR & FREEMANSORY

   
 Meskipun pandangan umum menyebutkan bahwa Perang Salib adalah ekspedisi militer yang dilakukan atas nama iman Kristiani, pada dasarnya keuntungan materilah yang menjadi tujuannya. Pada masa itu Eropa dilanda kemiskinan dan kesengsaraan yang berat, dan kemakmuran serta kekayaan bangsa-bangsa Timur, terutama Muslim, menarik perhatian mereka. Inilah yang menyebabkan perubahan tiba-tiba dari kebijakan cinta damai di kalangan Kristen Eropa menjadi agresi militer.

     Kita bisa melacak jejak Perang Salib ke tahun 1095, tepatnya November 1095, pada saat Paus Urban II menyelenggarakan Konsili Clermont. Dalam Konsili ini, doktrin cintai damai yang semula mendominasi Dunia Kristen Eropa ditanggalkan, dan sebagai gantinya, menjelang akhir Konsili, Paus Urban II “memanggil” seluruh umat Kristiani Eropa-baik kaya atau miskin, raja atau rakyat biasa-untuk bersatu dan menggelar perang demi “membebaskan” tanah suci dari genggaman orang-orang “kafir” Muslim.

Paus Urban II menyebut pembebasan itu sebagai “Perang Suci”.

     Minimnya pengetahuan bangsa Eropa terhadap Islam pada Abad Pertengahan menyebabkan propaganda Paus Urban II sangat mudah menyulut emosi umatnya. Disamping itu, Paus Urban II juga dikenal sebagai orator yang ulung.Dia berniat memantik kebencian di kalangan Kristen Eropa terhadap Kaum Muslim, terutama orang-orang Turki dan Arab, dengan mengatakan Kaum Muslim telah mengganggu peziarah Kristen dan merusak sejumlah tempat suci Kristiani di Jerusalem. Tentu saja, semua itu tidaklah benar.

     Untuk menggalang lebih banyak massa, Paus Urban II bahkan menyatakan bahwa siapapun yang ikut serta dalam perang suci, maka seluruh dosa-dosanya akan diampuni, sehingga dalam waktu singkat saja, terbentuklah pasukan Pejuang Salib yang amat besar, terdiri dari para tentara profesional dan puluhan ribu rakyat biasa.

     Para ahli sejarah percaya bahwa upaya Paus Urban II didorong oleh keinginannya untuk mendapatkan prestise sekaligus merintangi pencalonan seorang pesaingnya dalam kepausan. Sedangkan di balik sambutan penuh semangat dari para raja, pangeran dan bangsawan Eropa atas seruan Paus, tujuan mereka sebenarnya adalah keduniaan. Sebagaimana diungkapkan oleh Donald Queller dari Universitas Illinois,

“Ksatria-ksatria Perancis menginginkan lebih banyak tanah. Pedagang-pedagang Italia berharap untuk mengembangkan perdagangannya di pelabuhan-pelabuhan Timur Tengah...sementara sejumlah orang miskin bergabung dengan ekspedisi sekadar untuk melarikan diri dari kerasnya kehidupan sehari-hari mereka.”

     Sepanjang jalan menuju Jerusalem, milisi yang serakah ini membantai banyak orang Muslim, bahkan Yahudi, dengan harapan menemukan emas dan permata. Diantara pejuang Salib bahkan memiliki kebiasaan membelah perut korban-korban mereka untuk menemukan emas dan batu-batu berharga yang mungkin telah mereka telan sebelum mati. Pada Perang Salib IV, keserakahan yang bagai tanpa batas ini mendorong pejuang Salib melakukan tindakan memalukan : merampok kota Kristen Konstantinopel dan melucuti daun-daun emas dari lukisan-lukisan dinding Kristiani di Hagia Sophia.


Kebiadaban Tentara Salib


      Pada musim panas 1096, Tentara Salib dipecah menjadi tiga kelompok, setiap kelompok menempuh rute yang berbeda menuju Konstantinopel, untuk kemudian bertemu kembali. Kaisar Bizantium, Alexius I, melakukan segala yang bisa dia lakukan untuk melayani Pasukan besar ini, yang terdiri dari 4000 ksatria berkuda dan 25000 prajurit infantri.

     Raymond IV de Saint Gilles atau Count Toulouse; Bohemond, Duke Of Taranto: Godfrey de Bouillon;Hugh, Count of Vermandois; dan Robert Duke Of Normandy menjadi panglima-panglima pasukan Salib ini, sementara Uskup Adhemar le Puy, teman dekat Paus Urban II, menjadi penasihat spiritual mereka.

     Setelah menghancurkan banyak kota dan desa di sepanjang perjalanan mereka, Tentara Salib akhirnya tiba di luar kota Jerusalem pada 1099. Setelah melakukan pengepungan selama lima minggu, benteng kota Jerusalem pun runtuh. Pasukan Salib menghambur masuk bagai sekawanan binatang buas yang lepas dari kandangnya.“Mereka membunuh semua orang Saracen dan Turki yang mereka temukan...baik laki-laki maupun wanita”

     Tentara Salib membantai siapapun yang mereka lihat dan merampas apapun yang tampaknya berharga. Mereka membunuh orang-orang Muslim dan Yahudi, merusak tempat ibadat mereka, tanpa pandang bulu.

Salah seorang pejuang Salib, Raymond de Aguiles, membanggakan kekejaman ini dengan sombong

   "Pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat: sebagian orang-orang kami (dan ini lebih murah hati) memenggal kepala-kepala musuh; yang lainnya menembak mereka dengan panah sehingga mereka berjatuhan dari menara-menara; yang lain lagi menyiksa lebih lama dengan melemparkan mereka ke dalam api. Gundukan kepala, tangan dan kaki tampak di jalan-jalan kota. Orang harus mencari jalan diantara tumpukan mayat dan kuda. Tapi itu hanya hal kecil bila dibandingkan dengan apa yang terjadi di Kuil Sulaiman...di dalam Kuil dan serambi Sulaiman, orang-orang berkuda berkubang darah hingga ke lutut dan tali kekang mereka."

     Di dalam karyanya, The Monks Of War, peneliti sejarah Desmond Seward menarasikan kejadian yang tragis ini,

Jerusalem bagai dilanda badai pada bulan Juli 1099. Kerusakan hebat yang ditimbulkan oleh Pejuang Salib menunjukkan betapa minimnya kemampuan Gereja dalam mengkristenkan insting manusia. Seluruh populasi Jerusalem dibantai di ujung pedang, Muslim maupun Yahudi, 70000 orang, laki-laki dan perempuan mengalami holocaust selama tiga hari. Darah menggenang di jalan sampai ke mata kaki dan kuda yang melewatinya mencipratkan darah ke pinggir jalan

     Menurut sumber sejarah yang lain, jumlah Muslim yang dibantai adalah 40.000 orang. Berapapun jumlah sebenarnya dari mereka yang dibantai oleh pejuang Salib, apa yang dilakukan oleh pejuang Salib di Tanah Suci adalah contoh konkrit kebiadaban yang mengatasnamakan agama.

     Perang Salib I berakhir dengan jatuhnya Jerusalem pada 1099. Setelah 460 tahun di bawah pemerintahan Kaum Muslim, Tanah Suci jatuh di bawah kekuasaan Kaum Kristiani. Para pejuang Salib kemudian mendirikan Kerajaan Latin yang wilayahnya membentang dari Palestina hingga Antiokia, dengan Jerusalem sebagai ibukotanya.

Selanjutnya, Pejuang Salib berusaha meneguhkan kekuasaannya di Timur Tengah. Untuk mempertahankan negara yang baru saja mereka bentuk, mereka perlu mengorganisasikan diri sendiri, termasuk mengorganisasikan militer demi pertahanan. Dengan alasan itu pula, dibentuklah sejumlah ordo-ordo militer. Anggota-anggota orde militer ini-yang bermigrasi dari Eropa ke Palestina- menjalani kehidupan layaknya biarawan. Namun pada saat yang sama, mereka juga dilatih untuk memerangi Kaum Muslim.

Secara khusus, salah satu dari ordo-ordo ini berbeda dengan yang lainnya. Ia mengalami transformasi yang kelak akan memengaruhi jalannya sejarah, tidak hanya di Eropa, melainkan juga dunia. Nama ordo ini: KSATRIA TEMPLAR.

Terbentuknya Ordo Templar 

Sekitar 20 tahun setelah penaklukan Jerusalem oleh Tentara Salib dan pembentukan Kerajaan Latin, Ordo Ksatria Templar muncul untuk pertama kalinya di panggung sejarah, menggunakan nama lengkap Pauperes commilitones Christi Templique Salomonis atau Tentara Miskin Pengikut Yesus Kristus dan Kuil Sulaiman.

Ordo militer ini dibentuk pada tahun 1118 oleh sembilan Ksatria Salib: Hugues de Payens, Geoffrey de St.Omer, Rossal, Gondamer, Geoffrey Bisol, Payen de Montdidier, Archambaud de St. Agnat, Andre de Montbard, dan Hugh Conte de Champagne. Kesembilan ksatria yang telah bergabung ini kemudian menghadap Baldwin II, Kaisar Jerusalem, meminta kepada raja agar mereka diberi tugas dan tanggungjawab untuk menjaga keselamatan dan harta para peziarah Kristen yang kini berdatangan ke Jerusalem dari segala penjuru Eropa.

Kaisar Jerusalem, Baldwin II, kenal dengan Hugues de Payens, dan hal itu sudah cukup bagi kesembilan ksatria ini untuk mendapatkan permintaan mereka. Sebuah distrik di Jerusalem di mana Kuil Sulaiman dulu pernah berdiri (termasuk kawasan Masjid Al Aqsa), menjadi inspirasi nama bagi kelompok yang dibentuk oleh sembilan ksatria ini.
Selanjutnya, kawasan yang kelak dinamakan Temple Mount itu menjadi markas besar Ksatria Templar selama hampir 70 tahun. Dalam waktu singkat Para Templar yang menyebut dirinya “Tentara Miskin” menjadi sangat makmur. Mereka mengontrol penuh para peziarah Kristen yang berdatangan dari Eropa ke Palestina, dan menjadi kaya dari uang para peziarah tersebut. Mereka pula yang pertama kali mengenalkan sistem cek dan kredit, menyerupai yang ada di sebuah bank. Menurut penulis Inggris, Michael Baigent dan Richard Leigh, mereka membangun semacam kapitalisme abad pertengahan, dan merintis jalan menuju perbankan modern dengan transaksi mereka yang berbasis bunga

Pertanyaannya, mengapa Templar menjadikan kawasan Temple Mount sebagai markas besar?

Saat menghadap Raja Baldwin, kesembilan ksatria yang tergabung menjadi Ordo Templar ini sebenarnya memang sudah memilih kawasan itu untuk dijadikan “tempat” mereka. Alasan utama mengapa Templar memilih kawasan Temple Mount sebagai markas besar adalah karena mereka mengetahui apa yang tidak diketahui oleh Penguasa Kristen di Jerusalem saat itu: bahwa di reruntuhan Kuil Herod, tersimpan sebuah rahasia.

Misi Utama Ordo Templar

Pada masa itu, ada sejumlah biarawan prajurit (warrior monk) di Jerusalem, dan mereka menjalankan dengan patuh segala perintah sebagaimana yang ditetapkan dalam piagam bagi ordo militer. Mereka tidak meminta tugas, melainkan melaksanakannya. Sebaliknya, Templar, mereka meminta untuk diri sendiri “tugas kemanusiaan” yang wilayah cakupannya membentang antara Haifa dan Jerusalem-tugas yang jelas mustahil bisa dilaksanakan oleh sembilan ksatria saja. Namun belakangan kita akan ketahui, Templar sengaja meminta tugas ini untuk mendapatkan sesuatu yang lain, alih-alih melaksanakan tugas kemanusiaan.

Penulis buku The Hiram Key, Christopher Knight dan Robert Lomas-keduanya anggota Freemason-mengungkapkan asal-usul dan tujuan Ordo Ksatria Templar. Menurut mereka, Templar menemukan sebuah “rahasia” di reruntuhan Kuil Herod. “Rahasia” ini kemudian mengubah cara pandang mereka terhadap dunia. Selanjutnya, mereka mengadopsi filsafat non Kristiani itu dalam kehidupan mereka.

Tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan bahwa selama berkuasa di Temple Mount Templar telah menjalankan perlindungan terhadap peziarah Kristen yang berdatangan ke Jerusalem. Di sisi lain, terdapat bukti-bukti nyata bahwa Templar telah melakukan penggalian atau ekskavasi yang intensif di reruntuhan Kuil Herod.
Sejarawan Perancis, Gaetan Delaforge juga menyatakan hal yang sama.

Tugas sebenarnya dari sembilan ksatria itu adalah melakukan penyelidikan di daerah tersebut untuk mendapatkan berbagai barang peninggalan dan naskah yang berisi intisari dari tradisi-tradisi rahasia Yahudi dan Mesir Kuno.

Pada akhir abad ke-19, Charles Wilson dari Royal Engineering mulai melakukan penelitian arkeologis di Jerusalem. Penelitian yang dia lakukan membawanya kepada kesimpulan bahwa Templar telah mendatangi Jerusalem untuk mempelajari reruntuhan kuil tersebut. Wilson menemukan jejak-jejak penggalian di bawah pondasi kuil dan menyimpulkan hal ini dilakukan dengan peralatan milik Templar.

Sebenarnya, “rahasia” apa yang diperoleh Templar, yang membuat cara pandang mereka berubah?

Menurut pandangan umum dari banyak peneliti, “rahasia” itu adalah Kabbalah.


Kabbalah adalah hasil sinkretisme antara kepercayaan pagan (penyembahan berhala) dengan tradisi Yahudi (Judaisme). Selama berabad-abad, Kabbalah diasosiasikan dengan sihir, terutama sihir dari zaman Mesir Kuno. Kabbalah menjadi dasar bagi kepercayaan menyimpang yang dipraktikkan oleh Ordo Ksatria Templar

Secara harfiah, Kabbalah berarti “tradisi lisan”. Bagian esoterik dari mistik Yahudi, Kabbalah juga disebutkan sebagai pelajaran untuk mengetahui rahasia dan makna tersembunyi dalam Taurat. Tetapi ketika kita mengkaji lebih dekat, kita akan menemukan faktanya sama sekali berbeda. Kabbalah tidak memiliki kaitan sedikitpun dengan Taurat. Kabbalah adalah suatu sistem yang berakar kepada penyembahan dan pemujaan terhadap berhala, bahwa ia ada sebelum Taurat, dan menjadi tersebar luas bersama agama Yahudi setelah Taurat diturunkan (adanya proses sinkretisasi).

Ajaran Kabbalah sebenarnya sudah ada di Eropa bahkan sebelum Perang Salib terjadi. Pusat Kabbalah Abad Pertengahan di Eropa adalah sebuah kota kecil di Perancis bernama Narbonne, dan anggotanya berasal dari komunitas Yahudi Azkhenazi. Para ksatria yang membentuk Ordo Templar adalah anggota dari Kabbalah Abad Pertengahan ini. Para Kabbalist Eropa ini, sudah sejak lama ingin “mengambil kembali” naskah-naskah kuno yang tersimpan di reruntuhan Kuil Herod, tapi niat mereka terhalang oleh keberadaan penguasa Muslim di Jerusalem. Ketika Jerusalem akhirnya jatuh pada Perang Salib I, Ksatria Templar melakukan penggalian di Kuil Herod, dan menemukan naskah Sepher ha Bahir, naskah kuno mistik Kabbalah yang konon diciptakan pada masa kekuasaan Nebukadnezar di Babilonia. Penemuan ini dengan segera menghidupkan kembali tradisi mistik Kabbalah, dan menciptakan revolusi kultural terhadap tradisi Kabbalah di Eropa.

Selama ratusan tahun kemudian, Kabbalah dijadikan sumber bagi ilmu-ilmu sihir, dan saat ini kita menyaksikan, betapa sihir telah mendapatkan pengikut tidak hanya dari komunitas Yahudi, tapi juga umat manusia di berbagai penjuru dunia. Templar melakukan penggalian di Jerusalem untuk mendapatkan naskah Kabbalah, yang dengan mempelajari naskah tersebut, mereka berharap bisa memperoleh kekuasaan melalui kekuatan supranatural.

Perkembangan Ordo Templar


Dengan masuknya anggota baru ke dalam Ordo, Templar mengalami perkembangan yang cukup cepat. Tahun 1120, Foulgues d’Angers menjadi anggota Ordo, disusul kemudian oleh Hugo Count de Champagne pada 1125. Kemisteriusan yang menyelubungi Ordo Templar dan pengajaran mistik mereka mendapatkan perhatian khusus dari kalangan aristokrat (bangsawan) Eropa. Dalam Konsili Troyes yang diselenggarakan tahun 1128, Lembaga Kepausan akhirnya mengetahui keberadaan Ordo Templar di Tanah Suci.

Hubungan antara Paus dengan Ordo Templar pada masa ini dibeberkan dalam sebuah artikel yang dimuat di jurnal Mason Turki, Mimar Sinan.
Untuk mendapatkan persetujuan dari Paus terhadap eksistensi ordo ini, Imam Besar (Grand Master) Templar, Hugues de Payens, ditemani oleh lima kstaria, mengunjungi Pope Honorius II. Hugues de Payens kemudian menyerahkan dua lembar surat untuk Paus-yang pertama dari golongan penguasa Jerusalem, dan yang kedua dari King Baudoin II. Kedua surat itu menjelaskan tentang tugas-tugas mulia Ordo Templar, pelayanannya terhadap Kekristenan, dan hal-hal baik lainnya.

Pada 13 Januari 1128, Konsili Troyes mengadakan pertemuan. Orang-orang yang hadir dalam pertemuan ini adalah para pejabat tingkat tinggi Gereja, termasuk Kepala Biara Citaeux, Etienne Harding dan Bernard, Kepala Biara Clairvaux. Dalam pertemuan ini, tercapai kesepakatan bahwa ordo yang dibentuk Hugues de Payens dan delapan ksatria lainnya ini diberi nama Tentara Miskin Pengikut Yesus Kristus, dan Bernard, Kepala Biara Clairvaux, diangkat menjadi pejabat yang akan menyiapkan Kaidah bagi Para Templar (Rule for The Templars). Pada tahun itu, Ordo Templar secara resmi diakui berdiri 

St. Bernard

Sosok yang kemudian “berperan” penting dalam mengembangkan pengaruh Ordo Templar adalah St. Bernard, orang yang juga menyusun Rule for The Templars. Diangkat sebagai Kepala Biara Clairvaux pada usia 25, dia menjadi juru bicara Gereja yang sangat dihormati dan memiliki pengaruh yang besar terhadap Paus serta Raja Prancis. Yang perlu dicatat, St. Bernard adalah sepupu Andre de Montbard, salah satu pendiri Ordo Templar. Kaidah bagi Para Templar ditulis oleh St Bernard berdasarkan prinsip-prinsip dasar Cistercian Order, dan meskipun Templar mengadopsi banyak peraturan dari kelompok biarawan tersebut, mereka tetap melaksanakan praktik bidah yang dilarang oleh Gereja.

Besar kemungkinan, St.Bernard adalah korban penipuan Templar; Templar telah memanfaatkan kepercayaannya dan, yang terutama, statusnya yang sangat dihormati di Dunia Kristen Eropa, demi membesarkan pengaruh mereka sendiri. St Bernard, yang tampaknya tidak menyadari bahwa dirinya sedang dimanfaatkan, menuliskan buku puji-pujian untuk Ordo Templar yang diberi judul De Laude Novae Militae atau Pujian Kepada Persaudaraan Ksatria Baru, untuk memenuhi permintaan Imam Besar Templar, Hugues de Payens. Waktu itu, St.Bernard sudah menjadi orang kedua yang paling berpengaruh di Dunia Kristen Eropa setelah Sang Paus.

Karya St.Bernard, De Laude Novae Militaedengan cepat tersebar ke seluruh Benua Eropa, dan dalam waktu yang singkat, banyak orang menjadi bersimpati kepada Templar dan memutuskan bergabung dengan ordo ini. Dalam waktu yang hampir bersamaan pula, sejumlah hadiah, penghargaan, dan donasi uang dari sejumlah keluarga Monarki dan Baron dari seluruh Eropa tiba di depan pintu rumah Ordo Templar. Dengan kecepatan yang sungguh mengagumkan, ordo yang semula hanya beranggotakan sembilan ksatria ini berubah menjadi ordo yang besar dan memiliki pengaruh yang kuat.

Berkat karya St.Bernard pula, Templar mendapatkan keistimewaan yang belum pernah didapatkan ordo militer lainnya. Templar telah berubah menjadi organisasi militer, perdagangan, dan keuangan yang paling sukses di Eropa selama Abad Pertengahan. Ketika keberadaan Templar tersebar dari mulut ke mulut sebagai sebuah legenda, organisasi ini telah menjelma menjadi perusahaan multinasional yang memiliki kekayaan luar biasa dan memiliki 1000 pegawai yang terlatih!

Dalam waktu yang relatif singkat, Templar telah menjadi organisasi otonom yang bertanggungjawab langsung kepada Paus, dan tidak pernah membayar pajak apapun kepada raja atau negara manapun untuk setiap aktivitas mereka. Kekayaan Templar terus bertambah setiap hari bagaikan bunga yang mereka tetapkan dalam perbankan. Sementara di Jerusalem, kekuasaan Templar yang legendaris terus berlanjut hingga kejatuhan Acre pada 1291. Pada masa kejayaannya di Jerusalem, Templar menguasai jalur pelayaran dari Eropa ke Palestina, jalur yang biasa digunakan oleh para peziarah yang ingin mengunjungi Tanah Suci.

Vasco Da Gama adalah anggota Templar yang berlayar untuk mencari "Dunia Baru"


Meskipun nama mereka Ksatria Miskin Pengikut Yesus Kristus, Templar sesungguhnya terdiri dari sejumlah orang paling kaya di Eropa pada masanya: para bankir internasional yang berdomisili di London dan Paris, yang memiliki pelanggan para aristokrat Eropa semacam Blanche of Castile, Alphonse de Poitiers dan Robert of Artois. Menteri Keuangan di pemerintahan James I of Aragon, Charles I of Naples, dan penasihat Louis VII dari Perancis adalah anggota Templar.

Pada 1147, setidaknya ada 700 kstaria Templar berikut 2400 pelayannya di Jerusalem. Di berbagai penjuru dunia, terutama di Eropa, sekitar 3468 kastil sudah menjadi milik Ordo Templar. Mereka membangun banyak rute sekaligus pos perdagangan baik di darat maupun di laut, memperoleh banyak harta rampasan dari setiap peperangan yang mereka ikuti. Pendek kata, diantara negara-negara Eropa, Templar tiba-tiba saja menjadi kekuatan politik yang sangat diperhitungkan, dan seringkali dipanggil untuk menyelesaikan konflik antar negara Eropa (mirip PBB pada zaman modern).

Di dalam buku The Temple and the Lodge, penulis Michael Baigent dan Richard Leigh menyebutkan pengaruh Templar sesungguhnya sudah meluas ke seluruh daratan Eropa. Mereka berada dimana saja, bahkan memainkan peranan penting dalam penciptaan Magna Carta di Inggris. Mereka adalah bankir-bankir terkuat dan paling kaya pada masanya sekaligus kekuatan militer yang paling besar di Eropa. Mereka merancang dan mendanai pembangunan katedral, mewadahi berbagai transaksi internasional, bahkan mensuplai pengurus rumah tangga bagi keluarga-keluarga kerajaan.

“Tukang Riba Kristen”

Menurut Alan Butler dan Stephen Dafoe

Ksatria Templar adalah pemodal-pemodal yang ahli, yang menggunakan teknik perdagangan yang belum dikenal bangsa Eropa pada masa itu. Mereka mempelajari teknik-teknik seperti itu dari sumber-sumber Yahudi, namun dalam pelaksanaannya mereka mengembangkannya sedemikian rupa dengan cara mereka sendiri demi memperluas kerajaan keuangan mereka.

Walaupun praktik riba pada masa itu (Abad Pertengahan) diharamkan oleh Gereja Katolik, Templar sama sekali tidak mengindahkan peraturan ini dan tetap menjalankan praktik perbankan dengan sistem bunga. Hebatnya, pihak Gereja Katolik yang mengetahui bahwa Templar menghalalkan riba tidak berani menurunkan sanksi terhadap Ordo yang menyimpang ini. Mengapa? Sebagian peneliti meyakini, Templar pada saat itu sudah tumbuh menjadi kekuatan yang sangat kaya dan berkuasa, sehingga tidak seorang pun berani berbicara melawan mereka atau melakukan tindakan menentang mereka. Keadaan seperti ini membuat Templar menjadi besar kepala, sehingga mereka tidak lagi mau tunduk kepada raja dan Paus, bahkan menantang otoritas mereka.

Pada Abad ke-12, perjalanan di Eropa, terutama perjalanan dagang, adalah kegiatan yang penuh dengan risiko. Para pedagang yang membawa uang atau komoditas berharga lainnya harus bertindak hati-hati dan menjaga barangnya dengan ketat karena bandit bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Templar yang memahami keadaan ini, berhasil memetik keuntungan dari kondisi yang ada, dengan menjalankan sebuah sistem perbankan yang sebenarnya cukup sederhana, yang kelak kita kenal sebagai “cek”. Contohnya, jika seorang pedagang hendak bepergian dari London ke Paris, yang pertama dia lakukan adalah mendatangi kantor Templar di London dan menyimpan uangnya di sana. Sebagai gantinya, dia akan mendapatkan sebuah catatan yang berkode dari kantor Templar. Saat sang pedagang tiba di Paris, dia bisa menukarkan catatan berkode itu di kantor Templar Paris, dan mendapatkan kembali uang yang dia simpan di London. Tentu saja, setelah dikurangi fee dan bunga.

Sistem yang sepertinya menawarkan banyak kemudahan ini kemudian digunakan oleh sebagian besar peziarah yang kaya, yang datang ke Jerusalem menggunakan rute yang dikuasai oleh Ordo Templar juga. Cek yang dikeluarkan oleh bank milik Templar di Eropa, bisa dicairkan di bank milik Templar di Palestina, tentu saja setelah dipotong bunga yang sangat besar dan fee. Uang, bank, dan bunga, selalu menjadi perhatian utama para Templar pada Abad Pertengahan yang dilanjutkan oleh keturunan mereka yang sekarang menguasai dunia. Dengan cara seperti inilah, memanfaatkan uang dan kekayaan orang lain, Templar membangun kerajaan bisnisnya, menjadikan diri mereka sangat kaya dan berkuasa. Dalam bukunya The Temple and the Lodge, penulis Michael Baigent dan Richard Leigh menyatakan bahwa Templar adalah peletak dasar perbankan modern dan sistem ekonomi kapitalis yang kelak dianut oleh bangsa Eropa dan Amerika Serikat. Pada masanya, Templar telah mengembangkan “kapitalisme Abad Pertengahan”. Mereka meminjamkan uang dengan bunga mencapai 60 % dan mengontrol pergerakan uang di Eropa.

Menggunakan metode yang menyerupai bank swasta modern, Templar mengambil keuntungan baik dari perdagangan maupun perbankan, termasuk juga dari harta donasi dari sejumlah peziarah yang kaya atau aristokrat Eropa yang dekat dengan mereka. Mereka telah berkembang menjadi perusahaan multinasional yang kaya dan sangat berpengaruh. Kekuatan keuangan yang dimiliki oleh Templar pada akhirnya menguasai sistem keuangan di sejumlah kerajaan di Eropa, terutama Inggris dan Perancis, dan keluarga dua kerajaan tersebut berhutang sangat banyak kepada Templar. Hutang-hutang ini menyebabkan para raja itu hidup dibawah kekuasaan Templar, berharap Templar berkenan meminjamkan uang, dan pada akhirnya menjadikan keluarga-keluarga kerajaan sangat bergantung kepada keberadaan Templar. Jika sudah begini, Templar bisa dengan mudah memanipulasi para raja dan keluarganya, mempengaruhi kebijakan nasional sang raja, sehingga berpihak kepada kepentingan mereka.

Jika sebuah negara sudah jatuh ke dalam jerat hutang para bankir internasional seperti Templar, maka pada detik itu juga, negara itu sudah kehilangan kedaulatannya dan yang berkuasa sesungguhnya adalah para korporat/bankir tersebut. Raja atau pemimpin negara, tak ubahnya boneka mereka, yang bisa disingkirkan kapanpun mereka suka. Dengan cara seperti inilah, Templar membangun kekuatan politiknya di Eropa, dan menjadikan mereka organisasi yang kuat dan sangat sulit ditumpas di benua itu, meskipun kedudukan mereka di Palestina berhasil diruntuhkan oleh Umat Islam yang dipimpin oleh Shalahuddin Al Ayubbi.

Perang Hattin

Menyusul wafatnya Baldwin I, Raja Kerajaan Latin di Jerusalem, pada 1186, Guy de Lusignan-yang dikenal memiliki hubungan akrab dengan Ksatria Templar-dinobatkan sebagai Raja Jerusalem yang baru. Reynald de Chatillon, pangeran dari Antiokia, menjadi sahabat terdekat Sang Raja. Setelah terlibat dalam Perang Salib II, Reynald “beristirahat” di Jerusalem, dimana dia menjalin persahabatan dengan Ksatria Templar.

Di Jerusalem, Reynald de Chatillon sangat terkenal dengan kekejamannya. Dia adalah pendukung Ksatria Templar yang menginginkan perang dengan Shalahuddin Al Ayubbi demi dominasi total seluruh kawasan Timur Tengah. Perang ini benar-benar terlaksana pada 4 Juli 1187 - sejarah menyebutnya Perang Hattin. Lebih dari 20000 prajurit infantri Tentara Salib beserta ribuan ksatria berkuda yang berangkat ke perang ini. Namun Shalahuddin Al Ayubbi dan pasukannya berhasil menyapu Tentara Salib, membuat ribuan dari mereka kehilangan nyawa, dan mereka yang masih hidup ditangkap. Diantara yang tertangkap adalah Guy de Lusignan dan Reynald de Chatillon.

Sultan Shalahuddin yang mengerti kekejaman Templar, menghukum mati mereka semua, termasuk diantaranya Reynald de Chatillon dan Imam Besar Ordo Templar.Akan halnya Guy de Lusignan, ia dibebaskan setelah dipenjara selama satu tahun di Nablus.
Setelah kemenangannya di Hattin, Salahuddin membawa pasukannya untuk membebaskan Jerusalem. Meskipun mengalami kekalahan telak dalam mempertahankan Jerusalem, sejumlah anggota Templar berhasil menyelamatkan diri dan bersama Umat Kristen lainnya kembali ke Eropa. Sebagian besar diantaranya pergi ke Perancis dan, berkat status istimewa mereka di Eropa, anggota Templar yang kembali ini berhasil meningkatkan lagi kekuasaan dan kekayaan mereka, hingga mereka tumbuh menajdi “negara di dalam negara” di banyak negara Eropa.

Acre, benteng terakhir Tentara Salib di Palestina, berhasil direbut oleh Umat Islam pada 1291. Dengan direbutnya Acre, alasan utama keberadaan Templar di Palestina-melindungi peziarah Eropa yang datang ke Tanah Suci-lenyap bersama debu batu benteng Acre yang hancur.

Dalam situasi ini, anggota Templar mendapatkan pertolongan dari teman bangsawan Kerajaan Inggris, Richard Si Hati Singa. Raja Richard menjual pulau Siprus kepada Ksatria Templar, dan yang terakhir ini segera mengubah pulau itu menjadi basis sementara mereka, sebelum mereka menguatkan kedudukan di Eropa, lalu “merebut kembali” Palestina. Cita-cita Templar untuk kembali ke Palestina ini baru terwujud 800 tahun kemudian, ketika negara Israel berdiri di atas tanah milik bangsa Palestina.

Siprus: Markas Sementara

Untuk memahami hubungan antara Siprus dengan Ordo Templar, kita harus menatap lagi peristiwa demi peristiwa yang berpuncak pada pecahnya Perang Salib III.
Pada 4 Juli 1187, Jerusalem berhasil direbut kembali oleh Kaum Muslim. Raja Jerusalem, Guy de Lusignan ditangkap lalu dibebaskan setahun kemudian, setelah bersumpah tidak akan menyerang Kaum Muslim lagi.

Jerman, Perancis dan Inggris membuat keputusan bersama untuk melancarkan Perang Salib III yang bertujuan mengambilalih lagi Jerusalem yang berhasil dikuasai Umat Islam. Namun sebelum melancarkan serangan inti ke Kota Suci Jerusalem (Al Quds) Tentara Salib III memutuskan untuk merebut sebuah pelabuhan, dimana mereka bisa mendaratkan pasukan dan mengatur suplai makanan dan senjata. Jerman, Perancis dan Inggris sepakat memilih pelabuhan Acre; dan Raja Phillip dari Perancis serta Raja Richard dari Inggris memulai pelayaran mereka.

Tak lama setelah armada laut Inggris menaklukkan Siprus, salah satu Imam Templar-bukan Imam Besar-Robert de Sable mendatangi Raja Richard, membawa proposal untuk membeli Siprus dengan harga 100000 bezants (mata uang emas Kekaisaran Byzantium), bahkan de Sable berani membayar uang panjar sebesar 40000 bezants saat itu juga jika Raja Richard berkenan. Bagaimana Templar bisa mengeluarkan begitu banyak uang setelah kekalahan mereka di Hattin, jelas menunjukkan betapa kayanya ordo ini.

Tahun 1291, Acre jatuh ke tangan Kaum Muslimin, mengakhiri keberadaan Kaum Kristiani Eropa di Timur Tengah, dan Templar pun turut serta pergi meninggalkan kawasan tersebut. Sebagian dari Templar menetap di Siprus, dan membangun sebuah markas di pulau ini. Setelah terusir dari Tanah Suci, tujuan Templar selanjutnya adalah memiliki kerajaan sendiri di Eropa, seperti yang dialami oleh Ordo Ksatria Teutonic di Eropa Utara. Hanya saja, Templar menginginkan kerajaannya berdiri di pusat peradaban Eropa-kemungkinan Perancis.

Di Eropa, di bawah bimbingan dan perlindungan Imam-Imam mereka yang bermarkas di Perancis, Templar kembali menjalankan ativitas mereka dengan kebebasan yang luar biasa; perbankan dengan riba, kapitalisme Abad Pertengahan, dan ritual Kabbalah. Imam Besar Templar menikmati kedudukan yang seimbang dengan raja-raja Eropa; dan Kaum Templar memiliki begitu banyak tanah di Benua Biru ini, dari Denmark hingga Italia. Templar juga membangun kekuatan militernya secara besar-besaran demi mendukung kekuatan politiknya. Dan karena hampir semua keluarga kerajaan di Eropa berhutang kepada Templar, mereka mulai merasakan ordo ini sebagai ancaman yang menakutkan bagi masa depan mereka sendiri.

Kemunduran dan Terbongkarnya Kedok Templar

Setalah penaklukan Acre oleh Kaum Muslimin pada 16 Juni 1291, yang sekaligus mengakhiri kisah panjang pendudukan Tentara Salib, Templar kembali ke Eropa. Mereka terus memperkuat pengaruh politik mereka, menambah jumlah prajurit secara besar-besaran, dan mengumpulkan semakin banyak kekayaan. Namun, dimulai dari titik ini, sejarah kemudian berbalik melawan Templar.

Ketika jumlah anggota dan kekayaan mereka bertambah banyak, kesombongan, keserakahan, ketamakan, dan sikap tirani para anggota Templar juga ikut meningkat. Pada masa itu, Templar sudah menjadi kekuatan yang berseberangan dengan Gereja, baik secara kepercayaan, pengajaran, maupun ritual agama. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Templar bukanlah penganut Kristen, melainkan pemeluk doktrin pagan Kabbalah. Dan ketika kekuatan mereka meningkat, mereka mulai terbuka untuk menunjukkan “jati diri” sesungguhnya.

Kerajaan-kerajaan di Eropa, terutama Perancis, mulai menunjukkan “kegerahannya” terhadap intrik demi intrik yang dilakukan Templar di panggung politik Eropa. Setelah berinteraksi sekian lama dengan anggota Templar, raja dan rakyat Eropa akhirnya menyadari bahwa mereka yang menyebut dirinya Ksatria Miskin Pengikut Yesus Kristus ini bukanlah tipe ksatria religius seperti yang digambarkan sebelumnya. Puncaknya pada 1307, Raja Phillip dari Perancis dan Paus Clement V mengetahui bahwa tujuan Templar sebenarnya adalah mengubah kekuatan politik di Eropa, sekaligus mengubah keyakinan masyarakatnya kembali menjadi pagan. Pada Oktober 1307, Paus Clement V dan Raja Phillip mengerahkan pasukannya untuk menghancurkan ordo Templar yang menyimpang tersebut.

Wajah Asli Ordo Templar

Pejuang yang rendah hati, yang berjuang tulus demi Kristiani-inilah wajah yang ditampilkan Templar kepada publik. Pada awal perkembangannya, Templar memperlihatkan dirinya sebagai sekumpulan orang suci yang melakukan kebajikan besar demi agama, serta “penolong” bagi orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan. Sungguh menakjubkan bagaimana mereka mampu menciptakan citra positif bagi kelompoknya, sementara pada saat yang bersamaan, menjalani kehidupan yang menyimpang dari kaidah agama. Beberapa diantara orang-orang yang mengetahui “wajah asli” Templar tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaran dan melawan kekuatan yang sangat besar ini.

Sebagaimana telah dituturkan sebelumnya, saat melakukan penggalian di Jerusalem, Templar menemukan “rahasia” besar yang telah lama mereka cari: Kabbalah-sebuah pengetahuan kuno tentang sihir dan mistik yang berasal dari zaman pagan kuno. Kabbalah kemudian menjadi akidah Templar, menggantikan Kristen yang sejak awal memang tidak mereka yakini dengan tulus.

Pada masa awal kelahirannya, Templar melaksanakan ritual pagan Kabbalah-nya secara sembunyi-sembunyi. Namun seiring meningkatnya kekuasaan, kekayaan dan pengaruh politik mereka di Eropa, serta keyakinan mereka bahwa masyarakat Eropa telah berhasil diyakinkan bahwa mereka adalah sekumpulan orang suci, para anggota Templar mulai kurang berhati-hati dalam melaksanakan ritual pagannya. Kecerobohan ini mengakibatkan beberapa orang melihat penyimpangan yang dilakukan mereka, dan bisik-bisik pun seketika beredar di tengah masyarakat.

Apa yang dilakukan oleh para “ksatria”kaya itu di balik pintu istananya?

Keserakahan, ketamakan, kekejaman, dan perilaku menyimpang anggota Templar perlahan-lahan diketahui oleh masyarakat, dan menyebabkan timbulnya kecurigaan yang besar terhadap kelompok ini. Kecurigaan muncul di kalangan masyarakat hingga kaum bangsawan. Sementara Lembaga Kepausan sendiri meyakini bahwa Templar, yang semakin lama semakin tidak bisa dikontrol, telah menjalani kehidupan yang menyimpang dari agama. Paus kemudian mencabut hak-hak istimewa yang dimiliki oleh Ordo Templar.

Rumors terkait Ordo Templar pun membubung ke langit Eropa. Terdapat sejumlah tuduhan yang bisa dipercaya, bahwa Templar melakukan praktik yang diharamkan, semacam ritus rahasia yang diselenggarakan di dalam istana-istana mereka, yaitu ritual pemujaan terhadap Setan. Selain itu mereka juga melakukan bermacam tindakan amoral seperti homoseksualitas dan pedophilia. Tuduhan itu dikuatkan dengan sejumlah fakta aktual-kesaksian dari para pelayan yang bekerja di istana-istana ordo Templar.

Clement V, Paus yang terpilih pada 1305, mendapatkan tekanan dari sejumlah uskup daerah, dan juga Raja Perancis, terkait eksistensi Ordo Templar. Singkat kata, para uskup daerah dan Raja Philip menginginkan Paus Clement V mengeluarkan keputusan yang bisa menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan tindakan terhadap Templar yang sudah menyimpang. Sementara di Cyprus, Jacques de Molay-Imam Besar Templar-sedang menyiapkan armada perangnya untuk merebut kembali Jerusalem, ketika ia mendapat panggilan dari Paus untuk kembali ke Perancis guna menjawab seluruh tuduhan yang dialamatkan kepada Ordo Templar.

Raja Phillip

Namun, apa yang dilakukan oleh Paus rupanya tidak terlalu disetujui oleh Raja Perancis yang menginginkan tindakan tegas yang cepat terhadap Templar. Ia kemudian meluncurkan sebuah undang-undang yang memerintahkan semua anggota Templar ditangkap. Undang-undang ini akhirnya berhasil memaksa Paus Clement V mengeluarkan sebuah keputusan yang tegas.

Pada 13 Oktober 1309, anggota Ksatria Templar, termasuk Imam Besar Jacques de Molay, didakwa di depan pengadilan dengan sejumlah tuduhan, antara lain :
• Bahwa dalam upacara penerimaan anggota baru di Ordo Templar, setiap anggota yang baru bergabung harus mengucapkan sumpah yang menolak eksistensi Tuhan
• Ordo Templar telah melakukan sejumlah tindakan yang melanggar kesucian Salib maupun citra Jesus
• Ordo Templar melakukan tindakan homoseksualitas/sodomi
• Ordo Templar melakukan penyembahan berhala
• Ordo Templar telah menyalahgunakan wewenang mereka untuk mendapatkan kekayaan pribadi

Penyimpangan dalam Keyakinan dan Praktik Keagamaan Ordo Templar

Dengan bukti-bukti berupa dokumen, ditambah pengakuan dari saksi mata, menunjukkan bahwa Templar bukanlah ordo militer Kristen biasa. Ordo Templar adalah sebuah organisasi gelap: mereka menggabungkan keyakinan yang sesat, metode yang menakutkan, dan strategi yang licik sekaligus. Namun di sisi lain, Templar adalah organisasi yang sangat baik, selalu siap sekaligus berbahaya, dan memiliki rencana yang jelas untuk masa depannya.

Selama masa kekuasaannya di Timur Tengah, Templar telah menjalin hubungan dengan sejumlah sekte mistik, termasuk penyihir. Mereka juga dikenal dekat dengan Sekte Al Nizari, atau Sekte Assassin menurut idiom Eropa, yang didirikan oleh Hasan Al Saba, dan merupakan salah satu sekte yang menyimpang dari akidah Islam. Dari sekte ini, Templar mempelajari sejumlah filsafat mistik serta strategi yang kejam, dan juga metode mengatur sebuah organisasi rahasia.

Para petinggi Templar yang tidak pernah mengimani Kristen secara sungguh-sungguh, melakukan ritual menyimpang yang berlandaskan filsafat mistik Kabbalah, yang lekat dengan sihir dan kemusyrikan. Menurut anggota Templar, Setan adalah “tuhan” di dunia manusia dan mereka memang menyembah Setan yang direpresentasikan ke dalam bentuk berhala.

Baphomet

Salah satu berhala yang dipuja oleh Templar adalah Baphomet, setan berkepala kambing, yang kelak menjadi simbol bagi Gereja Setan yang dibangun oleh pemuja Lucifer, Anton Szandor La Vey.

Menurut Peter Underwood, penulis Dictionary of the Occult and Supernatural,Baphomet adalah berhala yang disembah oleh Ksatria Templar, dan di dalam Sihir, merupakan sumber sekaligus kreasi dari iblis; setan berkepala kambing yang juga dipuja para penyihir, Sabbath...

Selama masa pengadilan, hampir semua anggota Templar mengakui bahwa mereka telah menyembah Baphomet. Mereka mendeskripsikan berhala itu memiliki kepala manusia yang bentuknya mengerikan, dengan jenggot panjang dan mata yang bersinar. Mereka juga menyebutkan tentang berhala yang bentuknya menyerupai kucing. Para sejarawan sepakat, semua figur yang digambarkan oleh anggota Templar itu adalah obyek dari penyembahan berhala.

Para anggota Templar juga mengakui bahwa mereka tidak mengakui Jesus karena menganggap Jesus adalah “nabi palsu”. Mereka mengaku pula telah melakukan praktek homoseksual. Semua pengakuan ini dicatat oleh pengadilan, dan selama masa pengadilan itu, sebagian besar anggota Templar dipenjarakan.

Setelah pengakuan anggota Templar di pengadilan Raja Prancis, Paus kemudian melakukan interogasi langsung terhadap 72 anggota Templar. Dari hasil interogasi ini, Paus memutuskan untuk membubarkan Ordo Templar, Pada 1314, Jacques de Molay-Imam Besar Templar-dihukum bakar di atas panggung, disaksikan oleh rakyat Perancis. Sejumlah anggota Templar yang telah melarikan diri, dikejar dan ditangkap di berbagai penjuru Eropa. Italia dan Jerman adalah dua negara yang juga melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap anggota Templar. Namun, dengan sejumlah alasan, beberapa negara menerima para pelarian Templar ini.

Pada 10 November 1307, Raja Inggris Edward II menulis kepada Paus bahwa dia tidak akan menghukum anggota Templar dan di negaranya, pelarian Templar dijamin keselamatannya. Tapi dua tahun kemudian, setelah menginterogasi anggota Templar, Paus menyatakan bahwa Templar “telah melakukan kejahatan yang tak kuasa untuk diucapkan, dan telah melakukan praktik bidah yang buruk sekali”. Setelah membaca pernyataan Paus, Edward II setuju untuk menghukum anggota Templar.
Puncaknya, pada Konsili Vienna yang diselenggarakan di Perancis tahun 1312, Ordo Ksatria Templar dinyatakan sebagai organisasi terlarang, dan semua anggota Templar yang tertangkap dijatuhi hukuman berat. Pada Maret tahun yang sama, Paus mengeluarkan keputusan yang dinamakanVox in Excelso, yang intinya menyatakan bahwa Ordo Ksatria Templar telah resmi dibubarkan.

Templar Bergerak “Di Bawah Tanah”

Meskipun Ordo Templar telah resmi dibubarkan, namun menghapuskan keberadaan ordo ini dari benua Eropa terbukti lebih sulit dari yang diperkirakan. Walaupun Imam Besar Templar Jacques de Molay dan sejumlah orang terdekatnya sudah mati dihukum bakar, Templar sebenarnya masih tetap hidup, hanya saja, para anggotanya bergerak “di bawah tanah” atau secara sembunyi-sembunyi. Ribuan kastil dan benteng yang tersebar di seluruh penjuru Eropa masih menjadi milik Ordo Templar.

Menurut sumber sejarah, Dewan Inkuisisi Gereja “hanya” menghukum 620 dari 2.000 anggota Templar yang tertangkap. Jumlah total dari ksatria Templar adalah 20.000 orang, dan untuk setiap ksatria Templar biasanya memiliki delapan pengawal yang masih termasuk anggota ordo juga. Jadi jika kita melakukan perhitungan secara sederhana, ada 160.000 anggota Templar di seluruh Eropa, dan jumlah ini masih merupakan kekuatan terbesar di Eropa pada masa itu. Lepas dari klaim Paus yang menyatakan Templar sudah dimusnahkan, pada kenyataannya, tidak saja Templar berhasil meloloskan diri dari kejaran Dewan Inkuisisi, namun mampu terus bernapas dan melanjutkan hidupnya “di bawah tanah”, terutama di kawasan Inggris dan Eropa Utara.

Salah satu negara yang menjadi tempat pelarian anggota Templar adalah Skotlandia.
Pada abad ke-14, Skotlandia adalah satu-satunya negara di Eropa yang tidak mengakui otoritas Gereja Katolik Roma. Di negara ini, Templar menyusun kekuatannya kembali di bawah perlindungan Raja Skotlandia, Robert the Bruce, dan membangun sebuah markas di daerah Balontrodoch. Tak lama kemudian, mereka menemukan penyamaran yang tepat untuk melanjutkan gerakan rahasia mereka: mereka menyusup ke dalam gilda (serikat kerja) terpenting di Kepulauan Inggris pada abad pertengahan- loge (pemondokan) para mason (tukang batu). Di luar Kerajaan dan pemerintahan lokal di Inggris waktu itu, Mason Lodge atau Pemondokan Tukang Batu adalah organisasi yang paling kuat keberadaannya. Anggota Templar menyusup ke dalam loge-loge ini, dan kemudian menguasainya. Loge Mason yang sebelumnya adalah organisasi murni profesional, setelah dikuasai oleh Templar, berubah menjadi organisasi politik dan ideologis. Sekarang, kita mengenal organisasi yang telah dikuasai Templar ini sebagai Freemason.

Selain Skotlandia, Spanyol juga menjadi tujuan pelarian anggota Templar. Di Spanyol, mereka menyusup ke dalam ordo-ordo seperti CaltravaAlcantra dan Santiago de la Espada. Ada juga anggota Templar yang melarikan diri ke Portugal dan membangun sebuah ordo yang dinamakan Order Of Christ. Sementara sebagian Templar lain memilih Holy Roman Empire di Jerman sebagai tempat pelarian, dimana mereka bergabung ke dalam Ordo Ksatria Teuton (Teuton Knight), atau ke dalam ordoHospitalers. Di Inggris, para anggota Templar ditangkap, namun dengan segera dibebaskan. Sementara di beberapa negara lain, Templar dibiarkan hidup tanpa mendapat gangguan.

Sejumlah sumber menyebutkan, setelah kematian Jacques de Molay, para Templar yang bergerak di bawah tanah merencanakan konspirasi untuk menjatuhkan kerajaan Perancis, kerajaan yang telah mengharamkan keberadaan mereka dan mengeksekusi Imam Besar mereka. Rencana ini secara rahasia diwariskan secara turun-temurun kepada para keturunan anggota Templar. Dan lewat upaya tidak kenal lelah dilakukan oleh organisasi “penerus” Templar yaitu Illuminati dan Freemason, rencana ini akhirnya berhasil diwujudkan melalui REVOLUSI PERANCIS.

Rabu, 31 Mei 2017

FAKTA FAKTA DI SURIAH YANG DI SEMBUNYIKAN MEDIA



 Fakta ini di ungkapkan oleh Sekretaris IKATAN ALUMNI SHAM INDONESIA (Al- SHAMI),Muhammad Najih Arromadhoni, beliau mengatakan, miris melihat pembertitaan media yang menyudutkan pemrintahan Basar Asaad. Lanjut katanya, mereka (AL_SHAMI) memiliki tanggung jawab untuk meluruskan pemberitaan negatif MEDIA tersebut.

Berikut Fakta-Faktanya :

  1. Pemerintah suriah di tangan Basar Asaad tidak pernah membantai kaum Sunni. Hal ini di perkuat dengan hasil pemilu pada Juni 2014 yang di awasi oleh lembaga Independen, dimana Basar Asaad memenangi pemilihan dengan suara 88,87 % suara. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Umat Islam di Suriah adalah mayoritas Sunni. Perbandingannya adalah Sunni 74%, sisanya adalah Syiah. Kalaulah benar yang di beritakan Media bahwa Basar Asaad membantai kaum Sunni, lalu kenapa bisa Basar Asaad mengambil hati dan kepercayaan mayoritas masayarakat nya? Sehingga Basar Asaad menang di pemilihan presiden.
  2. Media mengatakan bahwa pemerintahan Basar Asaad adalah Rezim Syiah, namun fakta yang sebenarnya adalah menteri-menteri di pemerintahan Basar Asaad di isi oleh orang mayoritas kaum sunni.  Bahkan wakil presiden suriah adalah orang sunni,  Perdana menteri, wakil perdana menteri, menteri luar negeri, menteri dalam negeri, menteri pendidikan, menteri informasi, menteri keungan, bahkan Syeikh AHMAD BADARUDDIN yang merupakan Grand Mufti atau pemimpin ulama di suriah adalah Sunni. Bahkan istri Basar Asaad yaitu ASMA ASAAD adalah orang sunni. Apakah masih benar jika di katakan bahwa pemerintahan Basar Asaad adalah rezim Syiah?
  3. Media mengatakan bahwa pemberontak atau oposisi di suriah adalah masyarakat suriah itu sendiri, namun fakta yang ada adalah pemberontak atau oposisi di suriah adalah militan militan dari 83 negara luar, termasuk dari indonesia. Bahkan situs SOHR yang berafiliasi dengan oposisi mengakui bahwa lebih dari 70% militan yang meberontak di suriah adalah militan Import. Jadi, apakah masih bisa di katakan oposisi suriah adalah murni dari masyarakat suriah?
  4. Tuduhan terhadap Basar Asaad membantai kaum Sunni adalah baru muncul 5 tahun terkahir, tepatnya ketika puluhan ribu militan Import menginvasi suriah. Sebelumnya, isu isu Basar Asaad membantai sunni tidak pernah muncul. Basar Asaad sudah berkuasa sejak tahun 2000 hingga saat ini, jika benar Basar Asaad membantai atau melakukan genosida terhadap kaum sunni, seharusnya populasi sunni sudah berkurang jauh, faktanya, muslim sunni masih mayoritas di suriah.
  5. Pada tahun 2009, Qatar mengajukan proposal agar Pemerintah suriah di bawah pimpian Basar Asaad melegalkan jalur pipa gas dari Qatar ke negara-negara Eropa, namun Basar Asaad menolak proposal tersebut, malahan pada tahun 2011, basar  asaad menjalin kerja sama dengan Irak dan Iran untuk membangun jalur pipa ke timur, bukan ke eropa. Tentu saja Qatar sangat sakit hati, negara lain yang merasa di rugikan Basar Asaad atas penolakan proposal jalur pipa gas tersebut adalah Arab Saudi dan Turki. Khayalan mereka untuk mendapatkan pemasukan dari hasil ekspor gas ke eropa gagal. Untuk itulah pada saat ini Saudi, Qatar, dan Turki adalah negara arab yang sangat berambisi untuk menggulingkan Basar Asaad. Mereka mempersenjatai pemberontak yang hendak menggulingkan Basar Asaad. Bahkan amerika dan Negara2 NATO, sangat mendukung penggulingan Basar Asaad, hal di mungkinkan karena Amerika, dan Negara2 NATO adalah sahabat serta mitra bisnis saudi, Qatar,dan Turki.
  6. Sejak perang Arab- Israel pada tahun 1948 hingga perang edisi ke tiga pada tahun 1967, suriah tidak pernah absen mengirimkan pasukan militernya melawan Zionis Israel. Suriah bersama mesir , irak dan Yordania  saat itu pada tahun 1967 mengirimkan 547.000 pasukan melawan Israel di Sinai dan Gholan, bahkan setelah negara-negara arab sudah menandatangani perjanjian damai dengan Israel, Suriah adalah satu satunya negara Arab yang tidak mau menandatangani perjanjian damai dengan Israel.
  7. Fakta yang di tutupi media selanjutnya adalah, Suriah adalah negara penampung pengungsi Palestina terbesar di timur tengah, Jutaan pengungsi palestina telah di terima dengan tangan terbuka di Suriah sejak 1948 di kamp kamp pengungsi di Yarmuk, Aleppo dan lainnya. Mereka di beri fasilitas layaknya warga asli suriah, yakni pendidikan, kesehatan dll. Bahkan karena begitu banyaknya pengungsi Palestian di Suriah, Basar Asaad pun di juluki BAPAK PENGUNGSI PALESTINA.
  8. Sebuah strategi Militer baru telah dimulai di suriah, hal ini membuat kekuatan Militer Suriah semakin kuat khusunya dalam pengembangan roket, Israel melihat hal ini sebagai sebuah ancaman. Roket roket Haibar M 302 buatan suriah telah membantu Hizbullah dalam melawan Israel di Libanon selatan pada tahun 2006. Bahkan Roket Haibar M302 buatan Suriah tersebut merupakan senjata para pejuang Palestina melawan Israel, yang membuat 1,5 juta orang israel berlindung di bunker bunker perlindungan.
  9. Fakta yang di tutupi selanjutnya adalah, Setelah HAMAS di usir dari Yordania pada tahun 1999,dan negara negara Arab lainnya mengucilkan dan mengabaikan HAMAS, Suriah dengan tangan terbuka menyediakan Ibukota negaranya sebagai MARKAS HAMAS. Basar Asaad membangun kantor Pusat HAMAS di Damaskus pada tahun 2001. Melalui kantor ini, suriah selalu berkoordinasi dengan pejuang Palestina, tentang bagaiman cara meyuplai persenjataan kepada pejuang palestina melawan Israel. Untuk hal ini, pernahkah ada negara Arab yang berani mengambil resiko seperti yang di lakukan Suriah di bawah pimpinan Basar Asaad?
  10. Kita mundur kebelakang, pada kasus negara Libiya. Di Libiya bahkan hampir tidak ada Syiah, tapi kenapa masih ada konflik? Para pemberontak bekerja sama dengan NATO dan negara Arab lainnya berusaha menggulingkan Moammar Khaddafi yang berujung pada tewasnya Moammar Khaddafi seorang pemimpin yang bermazhab SUNNI. Dan ingat, bagaimana pemberitaan Media trmasuk MEDIA DI INDONESIA yang menjuluki Moammar Khaddafi sebagai Thogut, Firaun,dan julukan keji lainnya.dengan tujuan untuk mendirikan Khilafah. Nah setelah moammar Khaddafi lengser, apakah Khilafah tercipta?


    Sebelumnya, duta besar RI untuk Suriah dalam wawancaranya dengan Republika, mengatakan bahwa banyak fakta fakta yang ditutupi oleh media yang pro pemberontak, konflik Suriah sengaja di gulirkan ke Indonesia melalu isu Syiah Sunni, agar mendapat simpatisan dari warga indoensia.

    Itulah beberapa Fakta yang sengaja di tutupi oleh Media termasuk Media tanah air kita. Jangan terlalu percaya pada pemberitaan Media. Kebanyakan Media bekerja bukan demi kebenaran, tapi demi kepentingan dan kekayaan. Dari sini saya berpesan, seharusnyalah umat Islam bersatu padu. Jangan lagi kita terbawa arus konflik antara mazhab, trutama syiah-sunni-salafi-wahab-Nu-muhammadiyah.

    Jangan lagi memposisikan diri sebagai Syiah atau sunni, kita adalah umat islam. Islam bukan syiah atau sunni, islam adalah agama yang meyakini keesan allah dan kerasulan Muhammad Saw,serta berpegang pada Alqura dan sunnah. Mazhab adalah hasil ijtihad dan hasil olah fikir manusia, wajar sajalah ada perbedaan.

    Bersatulah, Musuh kita bukan syiah atau sunni, tapi musuh bersama kita adalah amerika dan sekutunya.merekalah yang mengacaukan dunia Islam. Jangan karena konflik antara mazhab, kita terlupa dengan kebiadaban Israel di palestina dan kebusukan Amerika dan skutunya.

    Ayolah umat islam indonesia, cerdaslah melihat konflik di Suriah. Konflik suriah bukan antara Syiah dan Sunni, tapi antara amerika dengan Islam. Syiah itu juga Islam, sunni juga Islam..kita bersaudara..jika kita tidak bisa bersatu, kapan lagi kita akan bisa maju. Konflik ini sengaja di buat musuh islam agar kita tidak punya waktu untuk berkembang...


SALAM DAMAI
ASSALAMU ALAIKUM...

Minggu, 05 Maret 2017

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI THAILAND



A.    LATAR BELAKANG
Kedatangan Islam ke wilayah Asia Tenggara diduga karena proses perdagangan dan bukan melalui proses penaklukan suatu wilayah, jalur perdagangan itu masyur dikenal sebagai jalur sutra laut yang membentang dari mulai Laut Merah- Teluk Persia- Gujarat- Bengal- Malabar-Semenanjung Malaka-hingga ke China.
Hampir terdapat umat Islam di seluruh Negara di kawasan Asia Tenggara. Terdapat kurang lebih 6,5 juta umat Islam, atau 10% dari seluruh populasi penduduk Thailand yang berjumlah 65 juta orang. Di Thailand, Negeri yang mayoritasnya beragama Budha. Penduduk muslim Thailand sebagian besar berdomisili di bagian selatan Thailand, seperti di propinsi Pattani, Yala, Narathiwat, Satun dan sekitarnya yang dalam sejarahnya adalah bagian dari Daulah Islamiyyah Pattani. Dengan jumlah umat yang menjadi minoritas ini, walau menjadi agama ke-dua terbesar setelah Bhuda, umat Islam Thailand sering mendapat serangan dari umat Bhuda (umat Budha garis keras), intimidasi, bahkan pembunuhan masal.
Masyarakat muslim Thailand saat ini telah menjadi bagian integral dari keseluruhan pemerintahan dan komunitas Thailand dari beberapa abad yang lalu. Secara historis, kultur dan ekonomi, masyarakat minoritas muslim di Thailand selatan telah mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Akan tetapi mereka tetap berusaha menjadi bagian komunitas yang dipahami.
Hal itu berangkat dari background masyarakat muslim sendiri, yaitu komunitas melayu Pattani yang dari awalnya berdiri sendiri dan kemudian dikuasai oleh Siam atau Thailand. Dan saat ini, dimana modernisme merambah semua negara dan Thailand menjadi negara demokrasi, muslim Thailand mulai dipandang positif oleh komunitas yang lainnya. Hal ini memunculkan era baru antara muslim-pemerintah yang memberikan ruang lebih luas bagi umat muslim Thailand merambah dunia politik dan ekonomi, tampak pada pesatnya pertumbuhan mesjid-mesjid yang terdapat di Thailand seperti ; Bangkok 159 masjid, Krabi 144 masjid, Narathiwat 447 masjid, Pattani 544 masjid, Yala 308 masjid, Songkhla 204 masjid, Satun 147 masjid. Dan beberapa masjid di berbagai kota di thailand. Walaupun sudah banyak berdiri mesjid-mesjid di Thailand itu tidak berarti bahwa mereka mendapatkan kelapangan hidup, karena mereka masih tetap menjadi minoritas yang terus mendapat tekanan dan juga diskriminasi yang tak henti-hentinya. Diantaracontoh mesjid nya: Salah satu masjid di Provinsi Surat Thani Masjid Baan Haw
B.     SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE THAILAND
Thailand merupakan salah satu negara diantara negara negara di kawasan asia tenggara. Secara geografis, kawasan asia tenggara merupakan kawasan antara benua Australia dan daratan China, daratan India sampai laut China. dengan begitu, thailand cukup mudah untuk dijangkau para pelancong dari zaman ke zaman untuk mencari penghidupan maupun penyebaran agama.
Ada beberapa teori tentang masuknya Islam di Thailand. Diantaranya ada yang mengatakan Islam masuk ke Thailand pada abad ke-10 melalui para pedagang dari Arab. Dan ada pula yang mengatakan Islam masuk ke Thailand melalui Kerajaan Samudra Pasai di Aceh.Jika kita melihat peta Thailand, kita akan mendapatkan daerah-daerah yang berpenduduk muslim berada persis di sebelah Negara-negara melayu, khususnya Malaysia.   Hal ini sangat berkaitan erat dengan sejarah masuknya Islam di Thailand, “jika dikatakan masuk”. Karena kenyataanya dalam sejarah, Islam bukan masuk Thailand, tapi lebih dulu ada sebelum Kerajaan Thailand “ Thai Kingdom” berdiri pada abad ke-9.
Muslim di Thailand sekitar 15 persen, dibandingkan penganut Budha, sekitar 80 persen. Mayoritas Muslim tinggal di Selatan Thailand, sekitar 1,5 juta jiwa, atau 80 persen dari total penduduk, khususnya di Patani, Yala dan Narathiwat, tiga provinsi yang sangat mewarnai dinamika di Thailand Selatan. Thailand Selatan terdiri dari lima provinsi: Pattani, Yala, Narathiwat, Satun dan Songkhla, dengan total penduduk 6.326.732 Mayoritas penduduk Muslim terdapat di empat provinsi: Pattani, Yala, Narathiwat dan Satun, yaitu sekitar 71% diperkotaan, dan 86 % di pedesaan sedangkan di Songkhla, Muslim sekitar 19 %, minoritas, dan 76.6 % Buddha. Sementara mayoritas penduduk yang berbahasa Melayu, ratarata 70 persen berada di tiga provinsi: Pattani, Yala dan Narathiwat, sementara penduduk berbahasa China, ada di tiga provinsi: Narathiwat, 0.3 %, Pattani, 1.0 %, dan Yala, 3.0 % (Sensus Penduduk, Thailand, 2000).
Penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara merupakan suatu kesatuan dakwah Islam dari Arab, masa khilafah Umar Bin Khatab” (teori arab). Entah daerah mana yang lebih dahulu didatangi oleh utusan dakwah dari Arab. Akan tetapi secara historis, Islam sudah menyebar di beberapa kawasan Asia Tenggara sejak lama, di Malakka, Aceh (Nusantara), serta Malayan Peninsula termasuk daerah melayu yang berada di daerah Siam (Thailand).
Pada tahun 1613, d’Eredia memperkirakan bahwa Patani masuk Islam sebelum Malaka yang secara tradisional dikenal sebagai “darussalaam (tempat damai) pertama” dikawasan itu (mills 1930:49) . Dalam penelitiannya mengenai kedatangan Islam di Indonesia G.W.J Drewes menemukan bahwa di Trengganu, yang merupakan salah satu tetangga Patani, agama baru itu sudah dianut secara mapan menjelang 1386 atau 1387. Dari penemuan ini Wyatt dan Teeuw menarik kesimpulan bahwa tidak ada alasan mengapa (agama itu) belum sampai di Patani menjelang tahun itu terutama jika diingat bahwa Patani terkenal sebagai sebuah pusat Islam yang awal.
Pada puncak kekuasaan patani awal abad ke 17 diletakkan dasar-dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan Islam. Ini dimungkinkan oleh hubungan yang semakin intensif antara negeri Arab yang merupakan pusat Islam dan Asia Tenggara yang ketika itu pusat perdagangannya. Masa kejayaan yang sudah lampau itu dilambangkan oleh kaum bangsawan dan hubungan kekerabatan mereka dengan keluarga Melayu dan oleh citra Patani sebagai “tempat kelahiran Islam” dikawasan itu. Lembaga keagamaan di Patani dan daerah sekitarnya berfungsi sebagai penghubung antara golongan elit dengan rakyat. Kaum ulama berfungsi sebagai kekuatan yang mengabsahkan kekuasaan yang berlaku dan dukungan mereka sifatnya menentukan bagi pemelihara daan pengguna kekuasaan politik.

C.    PERKEMBANGAN ISLAM DI THAILAND
Dakwah Islam senantiasa di seluruh penjuru dunia. Islam adalah agama yang tidak mengenal batas dan sekat-sekat nasionalisme. Pun di sebuah negeri yang mayoritas penduduknya bukanlah pemeluk agama Islam Thailand. Thailand dikenal sebagai negara yang pandai menjual potensi pariwisata sekaligus sebagai salah satau negara agraris yang cukup maju di Asia Tenggara. Mayoritas penduduk Thailand adalah bangsa Siam, Tionghoa dan sebagian kecil bangsa Melayu. Jumlah kaum muslimih di Thailand memang tidak lebih dari 10% dari total 65 juta penduduk, namun islam menjadi agama mayoritas kedua setelah Budha.
Penduduk muslim Thailand sebagian besar berdomisili di bagian selatan Thailand, seperti di propinsi Pha Nga, Songkhla, Narathiwat dan sekitarnya yang dalam sejarahnya adalah bagian dari Daulah Islamiyyah Pattani. Kultur melayu sangat terasa di daerah selatan Thailand, khususnya daerah teluk Andaman dan beberapa daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Bahkan beberapa nama daerag berasal dari bahasa Melayu, seperti Phuket yang berasal dari kata bukit dan Trang yang berasal dari kata terang. Proses masuknya Islam di Thailand dimulai sejak kerajaan Siam mengakuisi kerajaan Pattani Raya (atau lebih dikenal oleh penduduk muslim Thai sebagai Pattani Darussalam). Pattani berasal dari kata Al Fattani yang berarti kebijaksanaan atau cerdik karena di tempat itulah banyak lahir ulama dan cendekiawan muslim terkenal. Berbagai golongan masyarakat dari tanah Jawa banyak pula yang menjadi pengajar Al Qur’an dan kitab-kitab Islam berbahasa Arab Jawi. Beberapa kitab Arab Jawi sampai saat ini masih diajarkan di beberapa sekolah muslim dan pesantren di Thailand Selatan.
Perkembangan islam di Thailand semakin pesat saat beberapa pekerja muslim dari Malaysia dan Indonesia masuk ke Thailand pada akhir abad ke-19. Saat itu mereka membantu kerajaan Thailand membangun beberapa kanal dan system perairan di Krung Theyp Mahanakhon (sekarang dikenal sebagai Propinsi Bangkok). Beberapa keluarga muslim bahkan mampu menggalang dana dan mendirikan masjid sebagai saran ibadah, sebuah masjid yang didirikan pada tahun 1949 oleh warga Indonesia dan komunitas muslim asli Thailand. Tanah wakaf masjid ini adalah milik Almarhum Hjai Saleh, seorang warga Indonesia yang bekerja di Bangkok.
Masjid Jawa adalah masjid lain yang juga didirikan oleh komunitas warga muslim Indonesia di Thailand. Sesuai dengan namanya, pendiri masjid ini adalah warga Indonesia suku Jawa yang bekerja di Thailand. Namun demikian, anak cucu para pendiri masjid ini berbicara dalam bahasa Thai dan Inggris saat menceritakan asal muasal berdirinya Masjid Jawa ini. Masjid Indonesia dan Masjid Jawa hanyalah sebagian dari lima puluhan masjid lain yang tersebar di seluruh penjuru Bangkok.
D.    LEMBAGA-LEMBAGA ISLAM DI THAILAND
Thailand merupakan Negara yang penduduknya minoritas muslim karena mayoritas penduduk disana beragama budha. Meskipun penduduk muslimnya minoritas tetapi di Thailand memiliki lembaga atau kelompok yang kuat dan aktif. Empat kelompok gerakan Islam yang kuat dan aktif : pertama, golongan tradisional yang sangat berpengaruh di selatan. Kedua, golongan ortodoks yang menerbitkan majalah Rabbitah. Ketiga, golongan modernis yang menerbitkan jurnal al jihad. Keempat, golongan Chularajamontri 66 yang disponsori oleh pemerintah. Terdapat beberapa kelompok gerakan. Gerakan dakwah yang terus dilancarkan umat Islam diselatan mengenai kebebasan dan otoritas beragama menghasilkan beberapa konsesi yang diberikan oleh pemerintah dan akhirnya terbentuk organisasi-organisasi Islam yang menjadi corong kegiatan umat secara nasional yang mendapatkan legal dari pemerintah organisasi tersebut meliputi:
1) Kantor chularajamantri atau shaikhul islam. Kantor ini dianggap sebagai kantor tertinggi masyarakat muslim Thailand. Kantor ini terdiri dari 26 provinsi yang memiliki banyak penduduk muslim. Chula yang dipilih harus mendapatkan persetujuan dan pengesahan dari raja. Posisi chularazamontri, lebih memiliki kekuatan simbolis administrasi ketimbang kekuatan yang sebenarnya karena badan ini hanya berfungsi sebagai konsultan Departemen Agama dari kementrian pendidikan, sejauh hubungan dengan Islam. Sampai tingkat tertentu kepemimpinan informalnya cukup diakui dan dipakai. Dia menyelesaikan konflik agama dalam masyarakat Islam, dan memimpin fungsi-fungsi agama pada tingkat nasional, bahkan dia memberikan fatwa bila terdapat persoala yang menyangkut umat Islam dan negara. Akan tetapi, bagaimanapun keputusannya tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat atau legal, kecuali negara mengesahkan keputusan tersebut.
2) Komite Islam nasional, lembaga ini dimaksudkan sebagai lembaga tertinggi untuk urusan administrasi Islam di Thailand. Di ketahui secara ex-officio oleh chularajamontri Islam di thailand, komite terdiri dari 26 kepala komite Islam propinsi dan beberapa individu yang ditunjuk.
3) Komite masjid. Ini adalah komite setiap masjid yang diketahui oleh imam yang diseleksi dan dipilih oleh segenap anggota masyarakat. Sesuai dengan jumlah mesjid yang ada di Thailand.
4) Komite Islam Provinsi. Merupakan komite di setiap provinsi yang memiliki banyak penduduk muslim. Anggotanya dipilih dari banyak imam yang salah satu anggotanya dijadikan ketua.
Pada perkembangan selanjutnya, pemerintah Thailand lebih akomodatif dalam memberikan kebijakan kepada masyarakat muslim. Masyarakat diberi kebebasan dalam menjalankan ibadah. Pemerintah menyediakan dana untuk membantu mereka dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Kaum muslimin juga diperbolehkan melaksanakan dakwah, membentuk organisasi, dan mengelola penerbitan literatur keagamaan yang sekarang sedang tumbuh. Meskipun demikian, kaum muslimin sendiri tidak bebas dari perpecahan.
Ada empat kelompok yang mengklaim dirinya sebagai pihak yang mewakili kepentingan masyarakat muslim, yaitu chularajamontri, sebuah kelompok yang didukung negara, kelompok modernis yang menerbitkan jurnal Al-Jihad, kelompok Ortodoks yang menerbitkan Al-rabitah, dan kelompok muslim melayu tradisional didaerah selatan yang menentang kepemimpinan chularajamontri, namun menolak disebut sebagai rival al-Jihad Al-Rabitah. Lepas dari itu semua, secara keseluruhan, komitmen terhadap Islam sedang tumbuh dikalangan muslim muangthai, meskipun pihak pemerinth akhir-akhir ini cukup represif memperlakukan kaum muslimin terutama dibagian selatan.
E.     KESIMPULAN
Thailand merupakan salah satu Negara di wilayah di Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya beragama Budha. Tetapi didalam Thailan terdapad provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam yaitu di Thailand Selatan. Tepatnya di Pattani dan beberapa provinsi lainnya. Islam masuk di Thailand dengan cara perdagangan oleh orang-orang Arab. Buktinya lukisan kuno yang menggambarkan bangsa Arab di Ayuthaya, sebuah daerah di Thailand dan juga keberhasilan bangsa Arab dalam mendirikan Daulah Islamiyah. Meskipun Islam merupakan agama yang minoritaas di Thailand tetapi Islam mempunyai lembaga yang berpengaruh di Thailand yaitu Patani United Liberation Organization (PULO).
Islam masuk ke Thailand pada abad ke-10 Masehi melalui para pedagang dari Jazirah Arab. Penduduk setempat dapat menerima ajaran Islam dengan baik tanpa paksaan. Kawasan Thailand yang banyak dihuni umat muslim adalah wilayah bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Kantong-kantong muslim di daerah Thailand Selatan ini diantaranya adalah propinsi Pattani, Yala, Satun, Narathiwat dan Songkhla. Di propinsi-propinsi tersebut, rata-rata dihuni oleh sekitar 70 – 80 persen muslim. Selain itu, umat muslim juga tersebar di beberapa wilayah lain, seperti di propinsi Pattalung, Krabi, dan Nakorn Srithammarat.








DAFTAR PUSTAKA
Ahmadsutisna.blogspot.com/2011/05/ Perkembangan Dakwah di Thailand, di Unduh 23-4-2015
Aphornsuvan, Thanet, History and Politics of the Muslims in Thailand, (pdf), Thammasat University, 2003.
Asrofudin.blogspot.com/2010/06/ Perkembangan Islam di Thailand Makalah , di Unduh 23-4-2015
Indra Munawar, Sejarah Perkembangan Islam di Patani, (pdf). Jakarta, 2009. Lihat juga di ,indramunawar.blogspot.com/2009/04/html di Unduh 23-4-2015
Ilmu Pengetahuan21.blogspot.com/2012/08/ islam di Thailand, di Unduh 23-4-2015
Islam Thailandkk.blogspot.com/2012/05/ Sejarah Masuknya Islam di Thailand di Unduh 23-4-2015
Muhammadarasyal Habsyie.blogspot.com/2012/03/ Islam Thailand, di Unduh 23-4-2015
Sukmaqu.blogspot.com/2011/05/ Sejarah Masuknya Islam di Thailand. di Unduh 23-04-2015


Tulisan ini di kutip dari makalah Ayu Purnama Sari Mahasiswi AF UIN-SU 2013.

AKHIR SEBUAH CERITA

  "Sudah di pukul oleh kenyataan tapi tetap erat memeluk harapan."    Begitulah tulisan ini kumulai. Aku yang telah menumpahkan se...